Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar, kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negri 2 Kendari. (1) Analisis deskriptif rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar . Kategori kemandirian belajar sedang. Sampelditeliti  siswakategori kemandirian belajar tinggi,  kemandirian belajar sedang, dan  siswakemandirian belajar rendah; (2) Analisis deskriptif komunikasi matematis siswakategori tinggi sebanyak 9 siswa mencapai, komunikasi matematissedang sebanyak 50 siswa mencapai , sedangkan komunikasi matetmatisrendah sebanyak 4 siswamencapai . Diperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis . Kategori sedang; (3) Berpengaruhsignifikan kemandirian belajar pada komuniasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Koefisien determinasi pada besarnya pengaruh antara variabel kemandirian belajar terhadapkomunikasi matematisyaitu  atau . Disimpulkan bahwa pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari sebesar .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022