EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 8, No 2 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengembangan E-Modul Kapiler Praktikum IPA Berbasis Android

Azizah Azizah (Universitas Tadulako)
Sinta Satria Dewi Pendit (Universitas Tadulako)
Jeisi Riska S Mentu (Universitas Tadulako)
Ryan Andhika Pratama (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini diawali dengan siswa sulit memahami materi yang disampaikan secara Daring melalui Whatsapp grup ataupun Zoom Meeting. Dengan banyaknya materi yang harus disampaikan dengan waktu yang terbatas, membuat guru memilih materi-materi yang dianggap urgent saja untuk diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul praktikum IPA berpendekatan discovery learning (e-modul KAPILER) berbasis Android yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, V, dan VI di SD IT Khalifah, SDN Tondo, SDN Biro, dan SDN 8 Mamboro. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar kuesioner validasi media, validasi materi serta validasi pengguna. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai validitas media, validitas materi dan kepuasan pengguna masing-masing sebesar 88, 88, dan 85 dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul e-kapiler berbasis android yang dikembangkan masuk pada kriteria sangat valid dan sangat praktis. Sehingga modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya untuk kegiatan praktikum di kelas IV, V dan VI sekolah dasar.

Copyrights © 2022