QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 2 (2022): Oktober 2022

PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL

Siti Fathya Annida (Universitas Lambung Mangkurat)
Aminuddin Prahatama Putra (Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Zaini (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan E-LKPD berbasis liveworksheets pada konsep pembelahan sel terhadap hasil belajar kognitif produk, hasil belajar kognitif proses, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pada hasil belajar kognitif menggunakan The Non-equivalent Control Group Design dan keterampilan berpikir kritis menggunakan Posttest-only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar kognitif produk (sig. 0.005), (2) terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar kognitif proses (sig. 0.007), dan (3) tidak terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan berpikir kritis (sig. 0.078). Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini bahwa penggunaan E-LKPD berbasis liveworksheets dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun tidak dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...