JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
Vol 9, No 2 (2022)

Penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 4 Banjarmasin

Raudhatul Jannah Firdaus (Universitas Lambung Mangkurat)
Deasy Arisanty (Universitas Lambung Mangkurat)
Syaharuddin Syaharuddin (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2022

Abstract

AbstrakPembelajaran kolaboratif antara pembelajaran tatap muka dan jarak jauh (e-learning berbasis virtual) dengan Google Classroom menjadi lebih bermakna karena materi pembelajaran yang diberikan sedemikian rupa sehingga lebih mudah dijangkau oleh siswa. Penggunaan Google Classroom untuk SMAN 4 Banjarmasin mulai menjadi pilihan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran online. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan hasil penelitian terhadap variabel-variabel yang diteliti akan dideskripsikan secara kualitatif dengan analisis data yang meliputi analisis lembar tes dan analisis lembar observasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Objek penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan Google Classroom pada Mata Pelajaran Geografi Hidrosfer terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 4 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi sebelum tindakan, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Sedangkan proses belajar siswa yang sangat aktif mengalami peningkatan, siswa yang aktif mengalami peningkatan, dan siswa yang belum mengalami penurunan. Kata kunci: Penggunaan Google Classroom, Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar AbstrakPembelajaran kolaboratif antara tatap muka dengan jarak jauh ( e-learning berbasis kelas virtual ) dengan google classroom menjadi lebih bermakna karena materi pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik lebih mudah memahaminya. Penggunaan Google Classroom untuk SMAN 4 Banjarmasin mulai menjadi pilihan bagi guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran berani. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan hasil penelitian terhadap variabel yang akan diteliti secara kualitatif dengan teknik analisis data yang meliputi analisis lembar tes dan analisis lembar observasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Objek penelitian ini terkait dengan penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 4 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menujukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi sebelum tindakan, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Sedangkan proses pembelajaran siswa yang sangat aktif mengalami peningkatan, siswa yang aktif mengalami peningkatan, dan siswa yang belum mengalami penurunan. Kata kunci: Penggunaan Google Classroom, Peningkatan Keaktifan, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

JPG (Jurnal Pendidikan Geografi) publishes articles from research in the field of geography and geography education, which have not been published elsewhere. This journal is periodically published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung ...