Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 17 No 2 (2022)

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Prespektif Filsafat Progresivisme John Dewey

Triyatno Triyatno (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauiziati (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Maryadi Maryadi (Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam prespektif filsafat progresivisme John Dewey. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan library research untuk menguraikan konsep-konsep yang relevan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sejalan dengan aliran progresivisme. Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada peserta didik dan guru dalam menuangkan ide dan ekspresi. Karakteristik kurikulum merdeka meliputi pembelajaran project, materi esensial, dan fleksibel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...