Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 3, No 1 (2022): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Ambiguitas dalam Teks Berita Harian Daring Sindonews.Com

Nuzul Rianto Ramadhan (Universitas Negeri Makassar)
Mayong Mayong (Universitas Negeri Makassar)
Azis Azis (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ambiguitas editorial ejaan (tanda baca), leksikal, dan gramatikal yang terdapat dalam teks berita harian daring Sindonews.com. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode penelitan ini adalah deskriptif yang mengamati makna ambiguitas editorial ejaan (tanda baca), leksikal, dan gramatikal yang terkandung dalam teks berita harian daring Sindonews.com. Objek dalam penelitian ini adalah teks berita harian daring Sindonews.com. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis dengan cara data yang terkumpul dianalisis dengan mengidentifikasi jenis-jenis yang mengandung ambiguitas ke dalam tabel analisis. Jenis ambiguitas yang pertama berkaitan dengan tingkat editorial ejaan (tanda baca) yang terjadi jika terjadi pencampuran bahasa yang dilatarbelakangi oleh adanya ketidakjelasan nada, jeda maupun intonasi. Tingkatan kedua berada di tingkat leksikal yang mengarah pada pemaknaan lebih dari satu, dan yang ketiga berada serta berkaitan dengan tingkat gramatikal yang meramu di tataran frasa, klausa, maupun kalimat. Kata Kunci: Ambiguitas, Teks, Berita

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...