Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 13 No 1 (2022): Education Science

Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Wordpress Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa Kelas XI

Tiara Nur Fadilah (Universitas Tanjungpura)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura)
Haratua Tiur Maria S (Universitas Tanjungpura)
Indri Astuti (Universitas Tanjungpura)
Dede Suratman (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis wordpress. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut diguakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Dengan model pengembangan ADDIE maka penelitian dilakukan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian ini di SMA Negeri 1 Sungai Raya pada kelas XI MIA dengan subjek penelitian 69 orang siswa kelas XI dengan rincian tiga orang untuk uji perorangan, sembilan orang untuk uji kelompok kecil, 29 orang untuk lapangan dan 28 orang untuk uji efektifitas media. Media pembelajaran kimia berbasis wordpress yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli desain, 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media dengan rata-rata 3,8, 3,9 dan 3,7 kategori “valid”. Hasil analisis data uji respon perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan siswa SMA Negeri 1 Sungai Raya kelas XI MIA menunjukkan respon “sangat positif” dengan rata-rata 91,38%, 93,82% dan 97,78%. Nilai thitung > ttabel (18,710) > (2,052) menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran kimia berbasis wordpress. Lebih lanjut untuk uji effect size memberikan hasil 3,54 merupakan kriteria “Strong Effect”. Media pembelajaran kimia berbasis wordpress efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sungai Raya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Cendikia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Institute of Computer Science. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research ...