Wen Chuang: Journal of Foreign Language Studies, Linguistics, Education, Literatures, Cultures, and Sinology
Vol 2, No 2 (2022): Vol 2, No 2 (August 2022) WENCHUANG

Pengembangan Kemampuan Berbahasa dengan Teknik Pembelajaran Berkelompok

Misnah Mannahali (Universitas Negeri Makassar)
Misnawaty Usman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa dapat dikembangkan dengan  berbagai teknik.  Salah satu teknik di antaranya adalah teknik pembelajaran berkelompok. Fungsi pembelajaran kelompok dapat  dipandang dari dua paradigma yaitu paradigma psikologi dan paradigma sosial. Dari segi paradigma psikologi, pembelajar dapat merasa diakui, diterima dan dihargai dalam bekerja dengan orang lain lain dalam kelompoknya.  Sedangkan  aspek  paradigma sosial dapat menyebabkan terciptanya aktifitas yang produktif karena terpeliharanya hubungan sosial yang dapat mempengaruhi sikap anggota kelompok. Pengajar berperan dalam pembelajaran tersebut sebagai pengamat,  motivator,  dan fasilitator. Langkah – langkah dalam pembelajaran tersebut adalah tahap pembentukan kelompok dan tahap penyajian. Tahap penyajian ini meliputi persiapan dan penyusunan unit-unit pembelajaran (planungsphase), pelaksanaan (Durchfuhrungsphase), penyajian pelajaran yang telah disusun dalam unit-unit pelajaran, dan perangkuman atau umpan balik. Kata kunci : kemampuan berbahasa, pembelajaran berkelompok

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WenChuang

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wen Chuang Journal is published by the Chinese Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object ...