Banyaknya sekali kendala yang dihadapi mahasiswa pada saat pembelajaran daring (dalam jaringan) terutama kendala jaringan yang tidak stabil yang membuat pembelajaran menjadi tidak efektif, maka dari itu perlu adanya model pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran menjadi efektif, Setelah masa pandemi berangsur pulih, beberapa perguruan tinggi mulai menerapkan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran berbasis online dan offline atau yang sering dikenal dengan sebutan blended learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran blended learning pada mahasiswa PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan pendekatan studi kasus terhadap UIN Raden Fatah Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, display data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning sangat berpengaruh terhadap keefektifan belajar mahasiswa PAI di UIN Raden Fatah Palembang, diketahui bahwa model pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran online dan offline, dibandingkan dengan pembelajaran secara online saja atau offline saja pembelajaran blended learning tentunya lebih efektif.
Copyrights © 2022