Tumbuh Kembang
Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022

ANALISIS FAKTOR–FAKTOR KEJENUHAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 SDN 35 TALANG UBI KABUPATEN PALI

Indah Novita Sari (Universitas Sriwijaya)
Febriyanti Utami (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi yang dapat diketahui dari reaksi anak ketika diminta untuk belajar dan pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang faktor kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif  Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu dua siswa kelas 1 di SDN 35 Talang Ubi yang mengalami kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak tugas yang diberikan, tidak ada guru saat belajar, tidak ada teman-teman saat belajar, kesulitan dalam mengerjakan tugas, kurangnya istirahat, terdapat gangguan saat belajar, kurangnya penghargaan, tidak ada yang menemani saat belajar, pembelajaran kurang bervariasi, jam belajar tidak tentu, desakan orang tua dan tempat belajar kurang memadai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...