Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan
Vol 6, No 3 (2022): Vol. 6 No. 3 Juli 2022

The Realitionship between Management and Learning Outcomes of Equality Education Package C Study at the Community Learning Activity Center (PKBM)

Sungkono, Sumiati (Unknown)
Hidayat, Dayat (Unknown)
Danugiri, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan dan hasil belajar pendidikan kesetaraan Paket C studi di pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) se Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini tergolong ke penelitian kuantitatif dengan metode survey. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 90 peserta didik yang diambil secara proportionate stratified random sampling dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh variabel pengelolaan (X) memiliki nilai t hitung sebesar 4,344 sedangkan signifikan 0,000. Nilai t tabel diperoleh dari (n-k-1) pada tabel distribusi t yaitu 1,98729. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan pada uji t yaitu t hitung>t tabel atau signifikan <0,05 dengan nilai 4,344>1,98729 atau nilai signifikan 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pengelolaan (X) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Hasil Belajar (Y) di Program kesetaraan Paket C studi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Musi Banyuasin. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dengan demikian semakin tinggi tingkat atau nilai Pengelolaan maka hasil belajar juga akan semakin tinggi atau meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmsp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan [p-ISSN 2580-3417 | e-ISSN 2541-4429] was first published in 2016 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published three times a year, March, July, and November. We accept research articles within ...