Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 20, No 1 (2013): Vol. 20, No. 1, Juni 2013

“GENERATE” SEBAGAI APERSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEREMPUAN DI SMA AVICENNA CINERE

Musliman, Acep ( SMA Avicenna Cinere)
Hamidah, Ida ( UPI)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2015

Abstract

Diantara siswa sekolah menengah terdapat kesenjangan gender untuk  bidang matematika, sains, dan keterampilan dasar (Corbett, Hill, & Rose, 2008). Terdapat asumsi dan anggapan awam di masyarakat secara umum bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran yang memiliki karakteristik kelelakian sehingga kurang cocok dipelajari oleh kaum perempuan, Generatemerupakanstrategi dan metode pembelajaran yang dapat menghilangkan asumsi dan anggapan tersebut,  dalam bentuk apersepsi pembelajaran melalui pemberiancontoh-contoh kaum perempuan yang sukses dalam bidang fisika, dan sesuai dengan karakteristik siswa perempuan agar dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa perempuan terhadap fisika.Melalui apersepsi Generate diharapkan terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika pada siswa perempuan secara khusus dan seluruh siswa secara umum.  Kata kunci : minat, generate, gender Among the high school students there is a gender gap in mathematics, science, andbasic skills (Corbett, Hill, &Rose, 2008). There isan assumption and lay presumptioninthe general that the physics lesson is a lesson that has maleness characteristics making it less suitable studied by women, Generatea strategy and learning methods that can eliminate assumptions and these assumptions, in the form of apperception learning through giving examples of the successful women in the field of physics, and in accordance with the characteristics of female students in order to foster studentsinterest and motivation of  women to physics. Through Generate apperceptionis expected to increase the studentsunderstanding of physics concepts in particular women and all students in general.  Keywords: interest, generate, gender

Copyrights © 2013