Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 2 (2022)

ANALISIS KOMPONEN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI

Pujiyanti, Resti (Unknown)
Hernawati, Diana (Unknown)
Diella, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis komponen literasi sains pada buku teks biologi kelas XI untuk materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis isi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dari teknik tersebut diperoleh tiga buku biologi dari dua penerbit yang banyak digunakan di SMA dan MA se-Kecamatan Singaparna. Analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas interater dengan menghitung koefisien kappa antara dua coder dan menghitung persentase kesepakatan antar coder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkategorian antara coder 1 dan coder 2 dapat diterima (nilai kappa buku A=0,892, 95%; buku B = 0,840, 92%; dan buku C = 0,908,95%). Persentase sebaran komponen literasi sains pada tiga buku teks biologi kelas XI materi sistem peredaran darah yang dianalisis adalah 65,75%, untuk indikator I (Pengetahuan tentang sains), 15,44% untuk indikator III (sains sebagai cara berpikir), 12,27% untuk indikator II (sifat investigasi sains) dan 6,54% untuk indikator IV (interaksi sains, teknologi dan masyarakat).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...