Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Juliana Manurung (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Antonius Remigius Abi (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Reflina Sinaga (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Artikel ini menjelaskan pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian dalam artikel ini menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi penelitian melibatkan 31 siswa kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi. Pengambilan sampel dengan mengunakan purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefesien korelasi sebesar 0,991 artinya  (0,991) >  (0,355) maka  diterima. Maka terdapat pengaruh yang sangat kuat antara lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung 40,768 ≥ ttabel 2,045sehingga menyatakan bahwa  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan dari lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa pada kelas III SD Negeri 038095 Barisan Sirait kecamatan Siempat Nempu Hilir kabupaten Dairi tahun pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...