Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 5 (2022)

MENINGKATKAN TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA CALON GURU SEKOLAH DASAR

Sri Dadi (PGSD Universitas Bengkulu)
Panut Setiono (PGSD Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh sebuah penelitian yang bertujuan untuk (1) meningkatkan perilaku tolerasi dan (2) hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada perkuliahan Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada perkuliahan Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah dapat meningkatkan (1) perilaku toleransi dan (2) hasil belajar mahasiswa di PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Saran yang disampaikan yakni bagi dosen yang mengampu mata kuliah selain Konsep Dasar Sosiologi, Antropologi, dan Sejarah hendaknya menerapkan model pembelajaran discovery learning karena akan memberikan pengalaman yang langsung kepada mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...