Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak

Muhammad Rizal (Pendidikan Gerografi, Universitas Almuslim)
Najmuddin Najmuddin (Pendidikan Administrasi Pendidikan, Universitas Almuslim)
Muhammad Iqbal (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Almuslim)
Zahriyanti Zahriyanti (Pendidikan Fisika, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe)
Elfiadi Elfiadi (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Sekolah Penggerak merupakan program yang berfokus pada pengembangan hasil belajar dan karakter siswa yang menghasilkan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi dan upaya guru PAUD dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila pada sekolah penggerak. Penelitian ini dilakukan pada tiga sekolah penggerak di Kabupaten Biruen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis metode triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: para guru PAUD pada sekolah penggerak masih terkedala dalam hal penyusunan modul ajar dan modul projek profil pelajar pancasila. Berbagai upaya sudah dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD pada sekolah penggerak, yakni melalui pelaksanaan In House Training, lokakarya kepala sekolah dan guru komite pembelajaran, forum Pokja Manajemen Operasional level Sekolah Penggerak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...