Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran

Yuliani Nurani (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Hapidin Hapidin (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Catur Wulandari (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Elas Sutihat (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Mitigasi bencana banjir perlu dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan sebelum bencana tersebut terjadi. Pengenalan mitigasi bencana banjir dapat diberikan mulai dari usia dini dengan cara yang mudah dipahami anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan mitigasi bencana banjir melalui pemanfaatan media digital video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif agar hasil penelitian dapat dideskripsikan secara faktual dan juga mendalam. Subjek penelitian ini adalah 10 anak TK B di salah satu kelas PAUD di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital dalam bentuk video dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengenalkan mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Anak semakin paham dengan bencana banjir dan faktor resikonya setelah melihat media digital video pembelajaran. Pengembangan program mitigasi bencana banjir dalam bentuk media digital video pembelajaran terbukti menumbuhkan pengetahuan dan juga sikap anak usia dini agar tanggap bencana sedari dini. Implementasi program mitigasi bencana melalui video pembelajaran memiliki beberapa manfaat diantaranya mudah diakses, mudah digunakan, bersifat general, dan dapat digunakan di banyak tempat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...