Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2022): November 2022

Pengembangan Soal Tipe Hots (High Order Thingking Skills) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas XII SMA

Nurva, Mirda Swetherly (Unknown)
Tiara Fikriani (Unknown)
Rahma Tika Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D models yang dimodifikasi. Model ini terdiri dari 4 tahap yakni define, design, develop dan dissiminate. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan dari 4-D models, yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada tahap design dilakukan perancangan menentukan langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan soal tipe HOTS berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang selanjutnya divalidasi oleh para ahli, selanjutnya dilakukan evaluasi perorangan terhadap 3 orang siswa dan evaluasi kelompok kecil terhadap 6 orang siswa untuk diuji praktikalitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal HOTS yang dikembangkan telah valid dengan nilai rat-rata hasil validasi yaitu 75%. Nilai praktikalitas soal HOTS yang diperoleh dari angket respon siswa berada pada kategori sangat praktis yaitu 81%. Dapat disimpulkan bahwa soal HOTS yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...