JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V di SDN 043940 Perbesi Kecamatan Tigabinanga

Milala, Marcelinus (Unknown)
Abi, Antonius Remigius (Unknown)
Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kompetensi Pedagogok Guru Kelas V di SD N 043940 Perbesi Kecamatan Tigabinanga” Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan bagaimana pelaksanaan kompetensi pedagogik guru kelas V, dikarenakan saat ini terdapat  guru yang tidak menjalankan profesinya sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan study kasus untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subyek/actor dan perilaku yang dapat diamati dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam dan berusaha menemukan makna yang mendasarinya mengenai pelaksanaan kompetensi pedagogik guru.kompetensi pedagogik sendiri adalah kemampuan yang dimilki oleh seorang dalam pengelolaan pembelajaran, yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang bervariasi dan dapat mendorong peserta didik untuk belajar serta melaksanakan evaluasi hasil belajar yang telah dilaksanakan untuk melihat pencapaian dari pelaksanaan proses belajar itu sendiri.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 4 tahap yaitu data collection, data reduction, data display dan Verifiying. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kompetensi guru kelas V di SD N 043940 Perbesi belum terlaksana secara maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...