JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION
Vol. 3 No. 2 (2022): JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, Volume 3 Nomor 2, Desember 2022

ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI LEVEL HOTS DAN LOTS

Rudi Prasetyo (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, UM, Malang)
Titik Harsiati (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang)
Aynin Mashfufah (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran di abad 21 diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Penilaian keterampilan berfikir kritis dan kreatif melalui penggunaan soal penilaian berfikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan soal HOTS dan LOTS pada soal penilaian akhir semester 1 di kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan soal HOTS pada tiap kelas di tiap muatan pelajaran mencapai 13%, sedangkan soal LOTS mencapai 87%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jige

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope JIGE publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. ...