Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Analisis Deskriptif Tingkat Kemampuan Literasi Digital pada Pembelajaran Biologi

Maulidin Ahmad Jamil (Universitas Negeri Padang)
Sa'diatul Fuadiyah (Universitas Negeri Padang)
Helendra Helendra (Universitas Negeri Padang)
Rahmawati Darussyamsu (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran pada masa kini menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk dapat berpikir kritis, menghubungkan materi pembelajaran dengan keadaan sekitar yang relevan dan menguasai teknologi informasi, komunikasi serta kolaborasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI MIPA SMA 2 Adabiah Padang yang berjumlah 5 kelas dengan 177 peserta didik. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara membagikan angket kepada peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada aspek functional skill and beyond, creativity, collaboration menunjukkan hasil dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada 5 aspek literasi digital yang lain menunjukkan nilai dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 padang berada pada kriteria “Baik”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...