Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 2 (2022): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Analisis Data Longitudinal dalam Mendeteksi Faktor Substansial yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al Hikmah 2 Benda Brebes

Amam Taufiq Hidayat (Universitas Malikussaleh)
Zainul Mujtahid (Universitas Malikussaleh)
Nur Elisyah (Universitas Malikussaleh)
Haves Qausar (Universitas Malikussaleh)
Widya Widya (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Data longitudinal adalah data yang didapatkan dari proses pengamatan secara berulang dan dilakukan terhadap sejumlah objek. Pengukuran dikumpulkan berulang kali dari waktu ke waktu pada setiap subjek dalam penelitian. Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah di lingkup proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dan tepat dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Akan tetapi, berbagai hambatan yang ada pada proses belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Pada penelitian ini akan dilihat beberapa faktor yang berkaitan dengan prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Hikmah 2 bendara Brebes. Di sekolah tersebut mewajibkan untuk peserta didik yang berada dari luar wilayah untuk tingga di asrama. Metode penelitian yang digunakan adalah analitis observasional dengan menghubungkan gender, tinggalnya peserta didik di asrama, waktu pengamatan, interaksi antara gender dan tinggal tidaknya peserta didik di asrama terhadap nilai belajar peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA 4 dan XII MIA 5 MA Al Hikmah 2 Benda Brebes. Pada penelitian ini data yang diperoleh melibatkan 59 siswa dengan rincian 32 peserta didik putri dari kelas XII MIA 4 dan 27 peserta didik putra dari kelas XII MIA 5. Berdasarkan informasi yang diperoleh diketahui bahwa peserta didik putri kelas XII MIA 4 yang tidak tinggal di asrama sebanyak Sembilan orang dan peserta didik putra kelas XII MIA 5 yang tidak tinggal di asrama sebanyak lima orang. Hasil dari penelitian ini nilai matematika untuk kasus ini hanya dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu gender, waktu pengamatan dan interaksi antara gender dengan tinggal tidaknya di asrama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...