AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain lempar tangkap bola. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Tahap-Tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) 0bservasi, (4) refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain melempar dan menangkap bola menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada observasi awal peningkatan motorik kasar anak didik memperoleh nilai ketuntasan secara klasikal sebesar 46,67% dimana ada 3 anak yang mendapat nilai Bintang (****) atau Berkembang Sangat Baik dan 4 anak yang mendapat nilai bintang (***) atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I terjadi peningkatan mencapai 53,33%, di mana ada 4 anak didik yang mendapat nilai bintang (****) atau Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 4 orang anak didik yang mendapat nilai Bintang (***) atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II meningkat mencapai 86,67%, dimana ada 7 anak yang mendapat nilai bintang (****) atau Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 6 anak mendapatkan nilai bintang (***) atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Copyrights © 2022