Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kesulitan belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas III SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa kesulitan belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas III SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi pecahan. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas III SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan kecenderungan kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan konsep di mana kesalahan terbanyak dilakukan siswa yaitu siswa keliru dengan tanda lebih besar (>) dan lebih kecil (<). Siswa juga keliru dalam menuliskan nilai pecahan, serta tidak memahami soal secara utuh, dan tidak mengetahui mana “pembilang” dan “penyebut”. Siswa juga mengalami kesulitan pada keterampilan berhitung di mana siswa tidak dapat melakukan proses perhitungan dengan benar. Sedangkan siswa yang mengalami letak kesulitan pada bagaian pemecahan masalah, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah, keliru dalam pemecahan akhir masalah serta keliru dalam mengisi bagian tertentu sehingga jawabannya tidak sempurna. Adapun faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika adalah sikap dan minat siswa yang rendah, di mana siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang membuat siswa menjadi tidak memperhatikan guru saat pelajaran matematika berlangsung sehingga siswa merasa tidak semangat saat pelajaran matematika.
Copyrights © 2022