Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling

Shidratul Attika (STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau)
Roby Maiva Putra (STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau)
Williya Novianti (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas serta implikasinya bagi bimbingan dan konseling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batujajar dengan sampel berjumlah 103 orang. Angket motivasi belajar disebarkan melalui media google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batujajar pada masa pembelajaran tatap muka terbatas berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 58,25%. Pentingnya peran guru bimbingan dan konseling dalam masa pembelajaran tatap muka terbatas agar siswa dapat beradaptasi dari proses pembelajaran daring menjadi proses pembelajaran tatap muka, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran serta memaksimalkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan data awal untuk intervensi oleh guru bimbingan dan konseling ataupun peneliti lain dalam mengembangkan motivasi belajar siswa di masa pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga diharapkan dapat melengkapi dan memperkuat penelitian terdahulu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...