Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD

Nepti Damanik (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Minar Trisnawati Lumbanobing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada Subtema Organ Gerak Hewan Di Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang banyak menggunakan angka, mulai dari proses pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Pre Experimental Design bentuk One Group Pre-test and Post-test. Di dalam desain ini observasi yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan setelah eksperimen. Dari hasil perhitungan koefisien pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diperoleh (0,160>0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Dari perhitungan koefisien pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diperoleh (0,000<0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 091434 Sait Buntu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...