Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Manajemen Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama Dan Implementasi Praktisnya Di Era Digital

Siti Rohmah (Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta)
Masruri Masruri (IAI SMQ Bangko)
Muhammad Alwi (IAIN Parepare)
Ira Arini (STKIP Setia Budi)
Arifin Arifin (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait bagaimana manajemen pendidikan berbasis moderasi beragama serta bagaimana upaya dalam mengimplementasikannya di era digital saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis atau analisis konten dari berbagai literature, baik dari buku, jurnal dan literasi terkait lainnya. Adapun penelitian ini menunjukan bahwa, Indonesia ialah sebuah negara yang majemuk, dimana di dalamnya terdapat berbagai ras, agama, suku yang beragam. Oleh karenanya dibutuhkan manajemen pendidikan berbasis moderasi beragama, agar setiap individu dapat memahami akan perbedaan di negara kita ini. Usaha yang serius diperlukan untuk menerapkan manajemen pendidikan berbasis moderasi beragama, dimana usaha tersebut mesti didukung oleh berbagai hal pokok, diantaranya ialah: pemahaman ataupun pengetahuan yang sesuai dengan kondisi dan keadaan negara kita, pengendalian serta keseimbangan emosi, kehati-hatian serta kewaspadaan yang berkesinambungan, misalnya perlu adanya integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran termasuk dalam pemanfaatan literasi digital. Impelementasi praktisnya di era digital ini dimana moderasi beragama bisa dijalankan diberbagai komponen misalnya impementasi pendidikan moderasi beragama pada pembelajaran serta kurikulum yang di manajerial secara sistemik dan integratif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...