Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas VI UPTD SD Negeri 122368 Pematangsiantar

Simon Siregar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Juni Agus simaremare (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Esti Marlina Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis True Exsperimental design dengan design rancangan penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan. Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar sebagai kelas eksperimen dan siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122384 Pematang Siantar. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t parsial dimana didapat nilai t hitung sebesar = 5,714 dengan tingkat signifikansi 0.000. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 dan t hitung = 5,714 > t table = 1,695 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI dalam subtema 1 rukun dalam perbedaan. Sampel penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VI SD Negeri 122368 Pematang Siantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...