Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Daur Hidup Dan Upaya Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV SD

Endah Dwi Rahayu (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Supriyono Supriyono (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nurhidayati Nurhidayati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

IPA masih bersifat abstrak, sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan seperti materi daur hidup dan upaya pelestarian makhluk hidup di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon pada materi daur hidup dan upaya pelestarian makhluk hidup kelas IV SD dan mengetahui kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan metode tes. Hasil penelitian yakni menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon dan hasil kelayakan berdasarkan nilai rata-rata dari uji validasi ahli media dan materi sebesar 85% dengan kategori sangat valid, hasil respon guru dan peserta didik mendapat presentase sebesar 91% dengan kategori sangat praktis, dan evaluasi hasil belajar peserta didik efektif berdasarkan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hal tersebut, maka multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon materi daur hidup dan upaya pelestariannya kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...