NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH PEMANFAATAN PEMASARAN DARING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK UBI MEDAN DENGAN VARIABEL E ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS UKMK DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN KOTA MEDAN)

Juny Ivana Sinaga (STIE Profesional Indonesia)
Ilhamsyah Siregar (STIE ITMI Medan)
Harkim Harkim (STIE Profesional Indonesia)
Marupa Siregar (Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Teddi Pribadi (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Media baru yang tercipta dari perkembangan teknologi internet adalah media pemasaran produk barang dan jasa. Dengan memanfaatkan internet semua orang dapat melakukan transaksi-transaksi pembelian dan penjualan dengan langsung atau melalui platform-platform lapak penjualan yang menjadi perantara pembeli dan penjual dalam dunia virtual. Pemasaran daring merupakan metode korporasi atau  perusahaan untuk membuat terkenal produknya dengan melalui media  iklan, penjualan via pribadi, promosi untuk penjualan, maupunberbagai  publikasi untuk dengan kuat mempengaruhi pembuatan keputusan guna pembelian calon konsumen. Semakin bernilai tinggi promosi iklan dilakukan maka semakin akan  tinggi pula konsumen akan  merekomendasikan produk dan/ jasa kepada seluruh  orang lain. Semakin tinggi promosi penjualan semakin tinggi kebiasaan konsumen dalam membeli produk. Semakin tinggi hubungan masyarakat maka semakin tinggi konsumen merekomendasikan kepada orang lain.Keputusan melakukan pembelian adalah merupakan sebuah kelakuan atau tindakan yang diperagakan oleh  konsumen yang akan termanifes jika pola keinginan para konsumen untuk segera membeli suatu bentuk  barang tertentu sudah sanga bulat dan yakin. Hal itu mencakup mengenai berbagai barang apa sedianya yang akan dibeli, apakah akan membeli atau bahkan tidak dan tentu mengkombinasikan aneka pengetahuan yang mereka miliki terhadap berbagai  pilihan dua atau mungkin lebih atas alternatif produk barang atau jasa  yang ada dan memilih satu diantaranya. Keputusan untuk melakukan pembelian akan dipengaruhi Pemasaran Daring dan EWOM semakin tinggi Pemasaran Daringdan EWOM semakin tinggi juga terjadinya keputusan pembelian. Pemasaran Daring Berpengaruh Terhadap Electronic Word Of Mouth Pada Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Electronic Word of Mouth (EWOM) berpengaruh terhadap Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Pemasaran Daring yang dimediasi EWOM berpengaruh terhadap Kegiatan UKMK Di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...