Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Analisis Pembelajaran Menulis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA

Roihatul Parida Maulidi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dhena Delviana Aulia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Marjohan Marjohan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Tatu Hilaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang analisis pembelajaran menulis siswa kelas 5 Sekolah Dasar yang berfokus pada 1) pelaksanaan pembelajaran, 2) kendala yang dihadapi selama pembelajaran, dan 3)upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode mengajar guru dalam peningkatan kemampuan menulis siswa sekolah dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukkan bahwa siswa sulit menulis karena keterbatan kosakata, pemahaman, dan minat baca yang sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...