Masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) belum pernah digunakan di SMA Negeri 1 Buay Pemaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) melalui penelitian hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Buay Pemaca. Metode penelitian ini termaksud dalam penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI IPA.2 itu kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa dan kelas eksperimen kelas XI IPA.1 terdiri dari 36 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 1 BuayPemaca. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai posttest kelas ekperimen dan kontrol didapatkan nilai t hitung = 0, 96 lebih kecil dari pada t tabel = 2, 571 (t hitung < t tabel ). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kriteria pengujian hipotesis memperoleh thitung 0,96 sedangkan ttabel 2, 571 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa adanya model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Buay Pemaca signitifikan.
Copyrights © 2022