Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Buay Pemaca

Juaidah Agustina (Universitas PGRI Palembang)
Hayatun Nufus (Universitas PGRI Palembang)
Sri Lestari (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) belum pernah digunakan di SMA Negeri 1 Buay Pemaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) melalui penelitian hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Buay Pemaca. Metode penelitian ini termaksud dalam penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI IPA.2 itu kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa dan kelas eksperimen kelas XI IPA.1 terdiri dari 36 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 1 BuayPemaca. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai posttest kelas ekperimen dan kontrol didapatkan nilai t hitung = 0, 96 lebih kecil dari pada t tabel = 2, 571 (t hitung < t tabel ). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kriteria pengujian hipotesis memperoleh thitung 0,96 sedangkan ttabel 2, 571 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa adanya model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Buay Pemaca signitifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...