Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin, kendala pelaksanaan Pendidikan karakte jujur dan disiplin siswa serta upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. objek penelitian adalah pelaksanaan Pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengguanakan instrument observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin dalam pembelajaran terdapat satu indicator yang belum terlaksana yaitu membentuk kantin kejujuran serta poster tentang kedisplinan sekolah. Kendala pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin siswa ialah berasal dari factor dalam diri mereka. Upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin dengan subjek siswa dengan selalu melakukan empat kategori yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Kemudian guru juga selalu melakukan diskusi dengan orangtua siswa yang bermasalah demi terlaksanaanya pelaksanaan pendidikan karakter jujur dan disiplin. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa belum terlaksanaanya beberapa indicator jujur dan disiplin siswa disebabkan oleh factor dari dalam diri serta lingkungan.
Copyrights © 2023