Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

THE EFFECT OF PARENTING STYLES AND LEARNING MOTIVATION ON MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES TO FOURTH GRADE STUDENTS OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN PURING SUB-DISTRICT IN ACADEMIC YEAR OF 2021/2022.

Kusmiati Kusmiati (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya: (1) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika; (2) pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika; (3) pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi ganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar 10,23%; (2) terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 20,77%; (3) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar secara simultan dengan hasil belajar matematika sebesar 31%. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN se-Kecamatan Puring tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...