Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi (Pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas Tahun Ajaran 2021/2022)

Belin Ayu Tinasih (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir ktitis merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi (pada siswa kelas IV SDN se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas tahun ajaran 2021/2022). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini berjumlah 216 siswa dan sampel penelitian berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Group Investigation berorientasi keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi (pada siswa kelas IV SDN se-Gugus Andang Taruna Kecamatan Banyumas tahun ajaran 2021/2022).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...