Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Semester II Sekolah Dasar

Anis Nurhayati (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran dengan mengintegrasikan potensi lokal penting dilakukan untuk mengenalkan potensi yang ada di lingkungan peserta didik. Pemilihan pengembangan e-modul berbasis potensi lokal sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan karakteristik pengembangan e-modul tematik berbasis potensi lokal, (2) menganalisis kelayakan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen, (3) menguji keefektifan e-modul tematik berbasis potensi lokal kabupaten Kebumen. Metode penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu berhasil dikembangkannya e-modul berbasis potensi lokal Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian dari para ahli sebesar 86,3% dengan kriteria “sangat valid”, serta dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai n-gain sebesar 76,12% dengan kriteris efektif dan perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,92 dengan kriteria sangat besar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) karakteristik pengembangan e-modul melalui beberapa tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi, (2) e-modul yang dihasilkan sudah teruji kelayakannya, (3) e-modul yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...