Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca di SDN Gondang 2 Tahun Ajaran 2021/2022

Salsa Istya Cahya Puri (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Kartika Chrysti Suryandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah tahap pembiasaan merupakan upaya untuk menumbuhkan karakter gemar membaca. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah tahap pembiasaan, dampak dari pelaksanaan implementasi Gerakan Literasi Sekolah tahap pembiasaan, dan kendala serta strategi dalam menghadap permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan Gerakan Liiterasi Sekolah tahap pembiasaan. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan V, petugas perpustakaan, siswa kelas IV dan V, serta dokumen. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket, studi dokumen, dan FGD. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian terdiri atas 3 tahap, yaitu: tahap mengidentifikasi dan merancang penelitian; tahap menyiapkan, mengumpulkan, dan menganalisis data; serta menganalisis dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gerakan Literasi Sekolah tahap pembiasaan telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan indikator tahap pembiasaan; (2) Gerakan Literasi Sekolah tahap pembiasaan berdampak pada siswa yaitu mampu menumbuhkan karakter gemar membaca; (3) kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan dan dapat dioptimalkan dengan strategi yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Gerakan Literasi Sekolah yang berjalan dengan baik maka akan berdampak positif terhadap perkembangan literasi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...