Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Dengan Konteks Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hikmawati Hikmawati (University of Mataram)
Baiq Julia Setyaningrum (Universitas Mataram)
Dede Lia Agustina (Universitas Mataram)
Farid Mansyur (Universitas Mataram)
Galuh Permatasari (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis metode eksperimen pada pembelajaran IPA dengan konteks kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dengan tinjauan kepustakaan. Konsep yang dianalisis meliputi metode eksperimen, kearifan lokal Gendang Beleq di daerah Lombok, materi IPA tentang bunyi. Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPA dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kearifan lokal berupa Gendang Beleq dapat dihubungkan dengan materi IPA yaitu Bunyi. Penerapan metode eksperimen dengan konteks kearifan lokal tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA tetapi juga dapat melestarikan kearifan lokal daerah setempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...