Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2022): Volume 02 Nomor 02, November 2022

Penggunaan Media Wall Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Bogor.

Sintia Wati (Unknown)
Rina Rosdiana (Unknown)
Siti Chodijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wall chart dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks cerpen melalui penggunaan media wall chart. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IX-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-6 sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu Penggunaan media wall chart dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil prates kelas eksperimen yang memeroleh nilai rata-rata kelas 60 berarti keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks cerpen, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat jadi 82 dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=2,61 dan d.b=68 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 2,61 2,39. hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis yang kedua yaitu, siswa mengalami kendala dalam menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Hasil angket menyatakan bahwa saat siswa menentukan ciri kebahasaan dalam teks cerpen bagian memuat kata-kata yang merujuk pada peristiwa yang dialami pelaku. Dengan demikian, penggunaan media wall chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen walaupun terdapat kendala dalam menulis teks cerpen. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Cerpen, Pendekatan Media Wall Chart ABSTRACTThe aim of the research is knowing the use of wall chart to increase students ability to write short story, class IX students of SMP Negeri 7 Bogor as well as to know the constraints of students in writing the text of the short story through the use of wall chart. Methods that is used is experimentation. Data collection techniques are used i.e. tests, questionnaire and observations. The population in this study i.e., class IX-7 as experimental class and class IX-6 as the control class with the Cluster Random Sampling techniques. The first hypothesis, namely the use of the media wall chart in improving writing skills text short stories can be tested. This is proved by the results of the experiment class prates duration average grade 60 means skills students are in the category quite capable in writing the text of the short story, while on the posttest results average score increased experiment class so 82 level can afford. The results of the comparison of the mean class experiments with the control class by using the formula t test, obtained price data thitung = 2.61 and d. b = 68 with t level is rendered into a 1.67 2,61 2.39. it showed a significant increase in the classroom experiments. The second hypothesis, namely, students experiencing linguistic characteristics in defining the constraints in the short story section contains words that refer to events experienced by the perpetrator. The results of the now declares that linguistic traits determine the student's time in the text of the short story section contains words that refer to events experienced by the perpetrators. Thus, the use of media wall chart can improve writing skills text short stories though there were constraints in writing the text of the short story. However, it has no effect against the increase achieved by the student. Keyword: writing Skills, Text of the Short Story, Media Approach Wall Chart

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

triangulasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran” merupakan jurnal yang dikembangkan untuk memfasilitasi para peneliti dalam memublikasikan dan mengomunikasikan hasil penelitiannya di bidang bahasa Indonesia, sastra Indonesia, dan ...