JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 1 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Penggunaan Media Headbelt terhadap Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas IV SDIT Ahmad Yani Kota Malang

Jannah, Iftakhul Kalimatul (Unknown)
Anugrahwati, Citra (Unknown)
Kusumaningrum, Shirly Rizky (Unknown)
Dewi, Radeni Sukma Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Headbelt terhadap hasil belajar materi keragaman suku budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDIT Ahmad Yani Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre Eksperiment dimana tidak adanya kontrol penuh pada variabel penelitian dan tidak adanya kelompok pembanding. Instrumen penelitian hasil belajar menggunakan tes yang telah divalidasi. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan media headbelt dalam pembelajaran keragaman suku bangsa, kemudian analisis data menggunakan uji beda sampel paired t test dengan software SPSS versi 26.0. Hasil nilai sig menujukan 0.001 < 0,05, maka dengan begitu hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa kelas IV SDIT Ahmad Yani pada materi pembelajaran keragaman suku budaya Indonesia terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media pengembangan headbelt, dengan begitu media headbelt terbukti memberikan kontribusi signifikan pada hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...