Psikologi Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Konseling
Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Konseling

Pengaruh Insomnia Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MTSs Al Washliyah Tanjung Morawa

Nurul Azmi Saragih (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Fani Dwi Ariani (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Ika Sandra Dewi (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah tidur yang tidak teratur dan berakibat Insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Insomnia terhadap konsentrasi belajar siswa MTs Al-Washliyah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa, sedangkan sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, jadi sampelnya berjumlah 38 siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Product Moment dan Uji T, hasil yang diperoleh dari uji korelasi adalah 0,494 dengan koefisien korelasi yang sedang dan hasil uji T thitung > ttabel atau 3,408 > 2.028. Dapat disimpulkan bahwa Insomnia memberikan hubungan dan pengaruh negatif terhadap konsentrasi belajar, dimana jika semakin tinggi Insomnia maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa MTs Al-Washliyah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Konseling

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PSIKOLOGI KONSELING diterbitkan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian. Jurnal PSIKOLOGI KONSELING merupakan wadah bagi peneliti, ...