Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN MODEL SAINTIFIC PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 DI KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Made Juni Wedrayanti (STKIP Suar Bangli)
I Nyoman Sudirman (STKIP Suar Bangli)
I Putu Beny Pradnyana (STKIP Suar Bangli)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran tematik integratif dengan Model scientific pada Kelas IV SDN Gugus 3 di Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Cempaga. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus 3 Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - Oktober 2020. Hasil penelitian Implementasi pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Negeri 2 Cempaga sudah menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi aktivitas: 1) mengamati, 2) menanya, 3) menalar, 4) mencoba, 5) mengolah, 6) menyimpulkan, 7) menyajikan, dan 8) mengkomunikasikan. Model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya berbasis pada pembelajaran aktif atau pendekatan saintifik seperti discovery, inquiry dan PBL, namun guru telah melaksanakan metode eksperimen, diskusi, tanya jawab dan ceramah dalam pembelajaran.. Teknik penilaian yang dilaksanakan oleh guru berupa tes lisan, tes tulis, penugasan dan tes kinerja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rarepustaka

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung ...