Natural Science Education Research (NSER)
Science Education National Conference 2022

ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Annisa Setiawan (Unknown)
Nur Qomaria (Unknown)
Mochammad Ahied (Unknown)
Irsad Rosidi (Unknown)
Maria Chandra Sutarja (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada konsep materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 4 Pamekasan. Desain penelitian ini adalah mix methods dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-A sejumlah 20 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keterampilan argumentasi pada konsep materi sistem peredaran darah manusia SMP Negeri 4 Pamekasan 58,56% pada kategori tingkat sedang. (2) Pola argumentasi pada konsep materi sistem peredaran darah manusia di SMP Negeri 4 Pamekasan terdiri atas pola klaim, bukti/ data, pembenaran, dan argumentasi ilmiah dengan hasil skor rata-rata setiap pola klaim 81,75%, bukti 47,5%, pembenaran 48,5%, dan argumentasi ilmiah 56,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...