Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek/pelaku dan perilaku yang dapat diamati dengan tujuan mengetahui secara mendalam dan mencoba. untuk menemukan makna yang mendasari peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa. Peran guru sebagai motivasi artinya guru berperan sebagai motivator bagi siswa agar dapat meningkatkan semangat dan perkembangan kegiatan belajar siswa yang dapat memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pujian yang wajar atas keberhasilan setiap siswa, memberikan penilaian, memberikan komentar atas pekerjaan siswa, menciptakan kompetisi dan kerjasama, memberikan hukuman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 064025 Medan Tuntungan belum maksimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022