Natural Science Education Research (NSER)
Science Education National Conference 2022

ANALISIS PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD

Herlinda Laia (Unknown)
Antonius Remigius Abi (Unknown)
Rumiris Lumban Gaol (Unknown)
Patri Janson Silaban (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek/pelaku dan perilaku yang dapat diamati dengan tujuan mengetahui secara mendalam dan mencoba. untuk menemukan makna yang mendasari peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa. Peran guru sebagai motivasi artinya guru berperan sebagai motivator bagi siswa agar dapat meningkatkan semangat dan perkembangan kegiatan belajar siswa yang dapat memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pujian yang wajar atas keberhasilan setiap siswa, memberikan penilaian, memberikan komentar atas pekerjaan siswa, menciptakan kompetisi dan kerjasama, memberikan hukuman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum peran guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 064025 Medan Tuntungan belum maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...