Penelitian ini merupakan jenis penelitian (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran broken triangle-square-heart IV SD Negeri 16 Mandau Tahun Pembelajaran 2021/2022 . Subjek penelitian ini adalah 26 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, pendidik masih menggunakan model pembelajaran ceramah, komunikasi satu arah dalam proses pembelajaran yang mana guru lebih aktif, guru kurang mampu mengemas dan menyajikan pembelajaran yang menarik, dan siswa merasa jenuh dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 16 Mandau Tahun Pembelajaran 2021/2022. Dapat dilihat berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu, klasikal, dan nilai rata-rata siswa yaitu pada pre test siswa secara individual yaitu 8 siswa yang tuntas, secara klasikal 31% dengan nilai rata-rata 57,65. Pada siklus I secara individual 12 siswa yang tuntas, dengan klasikal 46% dengan nilai rata-rata 66,19. Pada siklus II secara individu 24 siswa yang tuntas, dengan klasikal 88% dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 86,42. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Selanjutnya dari hasil observasi guru dan siswa yaitu pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebanyak 60% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 89% kategori sangat berkualitas. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 60% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 86% kategori baik
Copyrights © 2022