Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Prokrastinasi akademik pembelajaran online dan perbedaan gender pada mahasiswa di provinsi Riau

Miftahuddin Miftahuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suhaimi Suhaimi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
M. Fahli Zatrahadi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Darmawati Darmawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ifdil Ifdil (Universitas Negeri Padang)
Gecky Defkan Dirgantara (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Istiqomah Istiqomah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Syarifah Syarifah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Rahmad Rahmad (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh mahasiswa di Riau selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tahapan sebagai berikut: Mendefinisikan pertanyaan, mengumpulkan data informan, memperoleh data, dan melaporkan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari tujuh belas siswa asal Riau. Di antaranya sembilan perempuan dan delapan perempuan. Analisis data menggunakan bantuan software NVivo yang menghasilkan koding berupa tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta melakukan prokrastinasi akademik selama masa pembelajaran daring. Hal-hal yang menyebabkan peserta menunda-nunda akademik selama masa pembelajaran daring adalah karena batas waktu penyerahan tugas yang lebih lama dan ditoleransi, kesulitan tugas yang standar, kesulitan mengajukan pertanyaan dan akhirnya tidak memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Kemudian selama pembelajaran online peserta merasa kurang menyenangkan dibandingkan dengan pembelajaran offline. selama pembelajaran daring juga sering banyak kendala yang membuat mereka tidak suka antara lain kendala jaringan, kesulitan memah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...