Penurunan kualitas layanan berdampak pada penurunan kepuasan nasabah.Semakin tinggi nasabah yang mengeluh menandakan jika nasabah belum merasa puas terhadap layanan yang diberikan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Perdesaan (KSP3) Cabang Amandraya.Jenis penelitian: kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diperoleh hasil thitung=9,021>ttabel=1,684 atau Ha diterima atau hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Perdesaan (KSP3) Cabang Amandraya.Saran peneliti:1) Kepada pimpinan Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Perdesaan (KSP3) Cabang Amandraya hendaknya memberikan layanan kepada nasabah lebih baik lagi sehingga dapat menambah kepuasan nasabah. 2) Kepada manajemen Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Perdesaan (KSP3) Cabang Amandraya hendaknya lebih memperhatikan karyawan, agar lebih ramah dalam melayani nasabah. 3) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya lebih memperluas objek penelitian tidak hanya pada variabel kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah tetapi juga pada variabel-variabel lain sehingga diperoleh informasi yang lengkap tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah.
Copyrights © 2020