EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022)

Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Sari Rahayu (Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Ma’had Ali Cirebon)
Revita Yanuarsari (Program Studi PG PAUD, Universitas Islam Nusantara Bandung)
Ella Dewi Latifah (Program Studi Tarbiyah, STAI Al-Falah Cicalengka)
Lisnawati Lisnawati (Program Studi PG PAUD, Universitas Sebelas April Sumedang)
Ike Kurniati (Program Studi Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara Bandung)
Arman Tirtajaya (Program Studi Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara Bandung)
Ricky Yoseptry (Program Studi Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara Bandung)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Supervisi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seorang pemimpin di sekolah agar bisa memperbaiki situasi pembelajaran, sehingga kualitas pembelajaran di sekolah mampu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Bina Muda Cicalengka. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data. Dimana caranya adalah dengan mereduksi, menyajikan, dan membuat kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Penelitian ini ingin menganalisis bagaimana manajemen supervisi yang dilakukan kepala sekolah  untuk meningkatkan kinerja guru di SMA Bina Muda Cicalengka yang dilakukan terhadap guru dalam kurun waktu (satu periode) tertentu yakni rencana program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, sedangkan proses pelaksanaanya yaitu berkomunikasi dengan Dinas setempat untuk meningkatkan kualitas kinerja guru baik melalui kegiatan formal dan nonformal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas guru terjadi dalam beberapa tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan proses, evaluasi, observasi masalah dan usulan solusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...