Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Ketidak Hadiran Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Kinali Pasaman Barat

Sinta Murniati (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Weni Yulastri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rici Kardo (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil belajar peserta didik yang rendah, hal ini disebabkan oleh: 1) Adanya peserta didik yang tidak masuk tanpa keterangan karena sakit. 2) Adanya peserta didik dengan alasan yang bisa dipertanggung jawabkan dan lainya. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan: 1) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik indikator kognitif. 2) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik indikator afektif 3) pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik indikator psikomotor 4) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil perincian absensi peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deksriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 114 peserta didik dan dipilih sampel 49 dengan menggunakan teknik proprosional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan data interval dengan teknik persentase.Hasil penelitian tentang pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA N 1 kinali Pasaman. 1) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari indikator kognitif berada pada kategori tinggi . 2) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari indikator afektif berada pada kategori tinggi . 3) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari indikator psikomotor berada pada kategori sangat tinggi. 4) Pengaruh ketidak hadiran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari perincian absensi berada pada kategori tinggi. Agar peserta didik lebih meningkatkan kehadiran dalam proses pembelajaran karena kehadiran yang tinggi dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...