Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Jendriadi Jendriadi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia)
Rima Rahayu Melati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia)
Warlan Sukandar (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Adzkia)
Ismira Ismira (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia)
Vivi Puspita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Adzkia)
Zaturrahmi Zaturrahmi (Pendidikan Fisika, Universitas Adzkia)
Rahmi Anwar (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bunghatta)
Evi Desmariani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Adzkia)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari jarangnya guru menggunakan media dalam bentuk permainan sebagai alat bantu pembelajaran, apalagi media berbentuk permainan ular tangga pada proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan dalam rangka pengembangan media pembelajaran tematik terpadu menggunakan media ularĀ  tangga untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development ( R D) menggunakan teori Sugiyono (20013). Satu tahap terakhir yang tidak penulis lakukan yaitu tahap penyebaran (dessemination) dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih mewabah ketika penelitian dilakukan. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media ular tangga sudah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Aktivitas bermain ular tangga dapat membantu anak dalam meningkatkan keterampilan berbicara karena dilaksanakan dalam bentuk bermain

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...